Hubungan Masyarakat

Kunjungan ke Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro)

CIMG3178

BALITJESTRO

Sebagai bentuk upaya pengenalan dan pengetahuan mengenai implementasi teknologi terhadap tanaman, maka kami dari bidang 3 Humas ARSC mengadakan kegiatan dengan mengunjungi BALITJESTRO atau lebih tepatnya adalah Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika. Kegiatan kunjungan ini kami laksanakan secara rutin satu kali dalam satu periode untuk memberikan informasi dan wawasan yang berhubungan dengan keilmuwan khususnya di bidang Teknologi Pertanian. Kunjungan ke BALITJESTRO ini dilaksanakan pada hari senin tanggal 3 Maret 2014 yang diikuti oleh sekitar 35 orang peserta dari anggota ARSC, dengan Ketua Pelaksananya adalah M. Ifdhol TIP 2012. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menambah pengetahuan, menggali ide penelitian, serta membangun link dengan lembaga penelitian tersebut.

Kami berangkat dari kampus kebanggaan Universitas Brawijaya sekitar pukul 09.00 dengan mengendarai kendaraan bermotor menyusuri jalan tanjakan yang cukup menegangkan, karena lokasi BALITJESTRO berada di daerah Junrejo, tepatnya di Jalan Raya Tlekung No.1 Junrejo berada pada 4 km dari Kota Batu dan pada ketinggian tempat ± 950 m di atas permukaan laut. Tiba di lokasi sekitar pukul 09.30 dan kami disambut hangat oleh Bapak Agus selaku pemandu lapangan saat kunjungan berlangsung. Kami diterima di aula dan diberikan pengenalan tentang profil BALITJESTRO dan teknologi budidayanya, setelah itu kami di ajak ke kebun percobaan untuk memperlihatkan macam-macam jeruk yang di budidaya. Para peserta dari ARSC tampak antusias mendengarkan dan memperhatikan pemaparan dari pemandu lapangan dan tidak sedikit pula yang termotivasi untuk bertanya.

Pada awalnya memang kunjungan ke BALITJESTRO kurang berhubungan dengan keilmuan yang berada di bidang Teknologi Pertanian. Namun, hal ini tidak membuat peserta ARSC patah semangat karena ilmu dan pengetahuan yang diberikan oleh BALITJESTRO pasti bermanfaat bagi ARSC khususnya untuk memberikan ide-ide penelitian. Seperti halnya bahwa BALITJESTRO juga memberikan gambaran mengenai teknologi perbaikan mutu buah agar kualitasnya tetap terjaga hingga diolah menjadi produk jadi. Selama 2 jam kami diberikan pengetahuan yang sangat menarik dan kunjungan tersebut kami akhiri dengan penyerahan vandel kenang-kenangan serta foto bersama. Usai melakukan kunjungan ke BALITJESTRO para mahasiswa bergegas kembali ke kampus untuk melanjutkan kegiatan perkuliahan.

 

Kartu Lebaran dan Halal Bihalal

Minal Aidzin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Kalimat itulah yang selalu terucap ketika kita sebagai umat muslim saat merayakan Hari Raya Idul Fitri. Seluruh umat muslim saling berinteraksi satu dengan lainnya untuk saling meminta maaf. Ketika lebaran inilah, keinginan untuk ber­temu sangat besar tetapi tak terwujud karena tempat yang berjauhan. Ke­inginan bertemu dapat diwujudkan dengan mengirimkan kartu Lebaran. Hal ini diterapkan oleh Lembaga ARSC untuk mengucapkan selamat lebaran yang ditujukan kepada Dosen dan Karyawan yang ikut serta dalam memberikan dukungan, semangat, dan partisipasi bagi kegiatan ARSC. Tak lupa pula kartu lebaran ini juga ditujukan pada seluruh LKM yang berada di Fakultas Teknologi Pertanian. Tujuan dari penyebaran kartu lebaran ini adalah untuk menjaga silaturahmi dengan LKM-LKM, Dosen-dosen dan karyawan dan karyawati di FTP. Selain itu, kita juga melaksanakan Halal Bihalal ke beberapa dosen dan karyawan FTP yang diikuti oleh seluruh anggota ARSC. Kegiatan penyebaran kartu lebaran dan halal bihalal ini dilaksanakan 3 minggu setelah Hari Raya Idul Fitri.

 IMG-20140901-WA0000

 

KUNJUNGAN LEMBAGA KEPENULISAN FK UB (LSIM)

CIMG3158 CIMG3157

Salah satu program kerja Hubungan Masyarakat (HUMAS) ARSC adalah kunjungan lembaga kepenulisan fakultas lain yang berada di Universitas Brawijaya. Tujuan adanya kegiatan kunjungan antar lembaga kepenulisan ini adalah untuk bertukar pikiran serta menjalin hubungan baik. ARSC FTP UB telah memiliki hubungan yang baik dengan beberapa lembaga kepenulisan fakultas salah satunya adalah  PRISMA FP UB. Untuk tahun ini ARSC berusaha menjalin hubungan baik dengan lembaga kepenulisan FK UB oleh karena itu kunjungan dilakukan ke LSIM UB yakni lembaga kepenulisan FK UB. Kunjungan ini dilakukan pada hari Rabu 5 Maret 2014 pukul 15.00. Kedatangan kami disambut dengan hangat oleh rekan-rekan LSIM FK UB. Diawali dengan sambutan oleh ketua LSIM FK UB dilanjutkan dengan penjelasan program kerja yang dimiliki oleh LSIM FK UB. Setelah penyampaian program kerja yang dimiliki oleh LSIM FK UB, kami dari ARSC pun menyampaikan program kerja yang kami miliki. Sesi tanya jawab menjadi sesi yang paling ditunggu pada kunjungan lembaga kepenulisan fakultas ini. Semua peserta baik dari ARSC maupun LSIM aktif bertanya untuk menggali informasi. Dari sesi Tanya jawab ini maka kami dari pihak ARSC mendapat banyak pengetahuan maupun pelajaran tentang system atau program kerja yang diterapkan oleh LSIM begitu pula sebaliknya. Hingga pada akhirnya tiba di penghujung acara dimana kunjungan lembaga kepenulisan ini harus diakhiri. Sebagai tanda simbolik kami memberikan pigura kenang-kenangan kepada pihak LSIM FK UB. Harapan kedepannya kami akan terus menjalin hubungan baik dan bekerja sama dengan pihak LSIM FK UB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>